Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sunday, July 12, 2009

Tidak Ada Ayat Alkitab yang Bertentangan!

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Mohon penjelasan Bapak tentang adanya kesan pertentangan antara Efesus 2: 8-9 yang menegaskan bahwa keselamatan adalah hanya karena kasih karunia Allah di dalam Yesus, bukan karena usaha/perbuatan kita. Bandingkan dengan Yakobus 2:14-26, yang menekankan perbuatan dalam hal keselamatan, tidak cukup hanya iman. Berdasarkan kitab Yakobus ini, seolah kasih karunia tidak cukup tanpa perbuatan. Kemudian dikaitkan dengan Filipi 2:12, Kerjakanlah keselamatanmu , oleh beberapa hamba Tuhan ditafsirkan sebagai perbuatan yang harus dilakukan untuk mempertahankan keselamatan itu. Mohon penjelasan Bapak. Tuhan memberkati!

Salam Kasih
Natan T.
Jakarta

-------------------------------------------------------------------

Saudaraku, Natan yang dikasihi Tuhan,
soal tulisan kitab Yakobus, Martin Luther, bapak reformator itu, pun pernah salah paham. Bagi Martin Luther yang sangat meyakini konsep Sola Fide (hanya karena iman) dan Sola Gratia (hanya karena anugerah) dalam konteks keselamatan, perbuatan (akti-vitas) sungguh tidak punya tempat. Jadi, dia tidak bisa menerimanya. Nah, sekarang apakah ada yang salah atau bertentangan pada ayat ayat yang Saudara sebutkan itu? Mari kita urut satu-persatu. Bahwa keselamatan adalah anugerah semata, itu sangat betul (baca juga dan perhatikan baik-baik yang tersurat maupun tersirat dalam; Mat 1: 21, Mar 10:17-27, Luk 23: 39-43, Yoh 15:16, Rom 3: 23-24, 9:11-16, Ibr 9:11-14, I Pet 2: 9,10,24,25).

Bagaimana proses keselamatan itu berlaku:

  1. Harus ada kasih Allah (Yoh 3: 16), yaitu Allah memberikan Anak-Nya yang tunggal (band. Kisah PR 4:11-12).
  2. Manusia harus insaf akan dirinya yang berdosa (Yoh 16: 8-11). Dan keinsafan akan dosa hanya bisa terjadi oleh pertolongan Roh Kudus, bukan kematangan moral manusia.
  3. Lalu, harus percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru-selamat (I Kor 12:3). Ini pun atas pertolongan Roh Kudus, bukan kesadaran spiritual manusia. Jadi, kasih Allah, kesadaran akan dosa, dan percaya pada Yesus, semua dikerjakan oleh Roh yang sama yaitu Roh Kudus. Dan itu adalah anugerah, bukan usaha. Jadi, Roh Kudus (anugerah) memampukan kita sadar dan mengaku percaya.
Kalau usaha bisa menyelamatkan manusia, maka jelas tidak perlu Yesus turun dari surga (Fil 2:6-9) dan mati di kayu salib. Cukup manusia berusaha. Usia manusia sudah ribuan tahun, ternyata tidak semakin baik, bahkan dekadensi moral sangat jelas. Jadi, apa yang dikatakan Paulus dalam Efesus 2: 8-9 sama sekali benar adanya. Lalu, bagaimana dengan Yakobus? Tidak ada masalah karena Yakobus berbicara kepada umat yang sudah Kristen dan dikenal (1:1), read more »

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

Entri Populer