Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Wednesday, September 16, 2009

KKR, KPI, KKI, yang Mana, Dong?

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Apa gerangan kepanjangan judul Mata Hati kali ini? KKR adalah singkatan dari kebaktian kebangunan rohani, dan paling populer di antara ke-3 ‘rekan’nya di atas itu. KPI berarti kebaktian penyegaran/pemupukan iman. Sementara KKI tak lain adalah singkatan dari kebaktian kebangunan iman. Persoalannya, mana yang lebih pas?

Jawabannya sederhana saja, tergantung siapa yang memakai istilah tersebut. Rupa-rupanya, perbedaan denominasi gereja pun harus ditampilkan dalam istilah yang dipakai. Jadi bukan lagi masalah definisi. Namun harus diakui, istilah KKR bukan saja yang paling populer tetapi juga yang pertama kali digunakan.

Alkisah, di Los Angeles, California, Amerika Serikat, tepatnya di Azusa Street, sekitar tahun 1906 digelar KKR secara maraton. Acara itu dimotori oleh William J.Seymour (1870-1922), seorang pengkhotbah berkulit hitam yang sangat populer saat itu. Apa yang dilakukan Seymour, dapat dikatakan sebagai sebuah terobosan dari kemapanan gereja dalam beribadah, yakni mengadakan ibadah di lapangan terbuka. Biasanya saat itu gereja sangat terikat pada gedung gereja. Meski sikap pro-kontra muncul seputar gerakan ini, namun semakin hari jumlah orang yang mengikuti ibadah KKR ini semakin banyak. Hal ini sebenarnya dapat dimengerti, mengingat kondisi gereja pada saat itu cenderung ‘mendingin’, terjebak dalam rutinitas ritual, serta penyakralan gedung gereja.

KKR di masa itu betul-betul menjadi sebuah aktivitas kebangunan rohani yang diminati banyak orang. Hanya saja, seiring dengan itu muncul pula permasalahan teologis, perdebatan yang tak kunjung usai. Tetapi hal itu sangat logis dalam perjalanan gereja yang terus mencari jati diri. Perbedaan visi pasti akan menyebabkan perbedaan aksi. Namun dalam kesempatan ini, Mata Hati tidak hendak membedah ’kericuhan teologi’ atau ‘perbedaan visi’ yang terjadi, melainkan hanya mengambil cuplikan kecil dari kisah lahirnya istilah KKR ini.

Seturut perjalanan waktu, suara KKR terus menggema, dan kini KKR tidak lagi didominasi oleh kelompok tertentu, tetapi oleh banyak gereja. KKR yang kita bicarakan di atas adanya di Amerika yang penduduknya mayoritas Kristen, tetapi sedang ‘tertidur’ dan perlu dibangunkan. baca selanjutnya,...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

Entri Populer